23 Februari 2013

Tentang Impian dan Masa Depan

     Setiap manusia pasti punya rencana, tapi mereka tak seperti Allah yang bisa menetukan jalan hidup. Sama sepertiku, dalam hidup ini banyak sekali yang ingin dicapai. Sedikit bercerita tentang mimpi dan impian. Dulu waktu jaman TK gue pengen banget jadi dokter, secara dulu mama  bidan dan kerja di salah satu rumah sakit swasta di Malang, dan sampe sekarang masih jadi bidan sih tapi udah pindah di Lamongan. Oke, balik ke awal. Dulu sepulang sekolah gue sering banget diajak mama ikut kerja di rumah sakit, di sana gue gimana gak betah ruanganannya ber-AC terus temen-temen mama gue ramah semua yaa walaupun ada beberapa yang gk asik. Di rumah sakit gue ketemu banyak banget dokter seliweran, ada yang bantu melahirkan
, ada yang meriksa kesehatan bayi-bayi so, gue berfikir jadi dokter itu enak banget yaa kerjanya cuma begitu tapi cepet kaya. huu. Dan terciptalah pikiran bercita-cita jadi dokter kandungan atau dokter anak. Cita-cita jadi dokter bertahan sapek due kelas 4 SD, yaa maklum lah masi kecil pengennya sih main sama belajar doang gk mau mikirin masa depan dulu. Pada akhirnya waktu kelas 5 SD  gue baru tau kalo jadi dokter itu sulit banget, harus pinter, biaya sekoklahnya mahal pula hmm, dan pikiran menjadi dokter itu sirna, setelah itu gue mulai mikir-mikir lagi, kalo mau kerja itu harus lulus kuliah dulu, dan kuliah itu ada jurusannya. Oke! karena mama gue gak kuliah melainkan lulusan SPK kalo gak salah :D dan mendapat gelar D III kebidanan, gue mulai melirik riwayan papa gue yang sarjana ekonomi  di UNIBRAW Malang, so gue berfikiran kalo kampus itu bagus juga ya karna papa selalu bilang kalo itu Universitas favorit di Malang jadi gue bilang aja kalo besok mau kuliah di situ ngambil jurusan ekonomi. Tapi mau jadi apa gue ?? hmmm oke dan sejak hari itu gue lupain masa depan entah besok mau kuliah di mana atau entar kerja jadi apa gak peduli.

     Beranjak dewasa gue mulai cari-cari jati diri, mulai berfikir matang dan dewasa. Guru-guru selalu cerita tentang masa depan dan cita-cita, dan itu bener juga sih buat membangkitkan tujuan hidup para muridnya. Tapi dulu waktu kelas 8 gue sempat jadi orang yang males banget. Gue males banget nyari-nyari bakat gue, yang penting gue punya banyak temen, keluarga, dan 1 pacar, itu udah buat gue nyaman banget buat hidup. Tapi gue mulai melihat dari sisi temen-temen dekat, ada yang emang pinter matematika, fisika, ada yg bakatnya gambar, panjat tebing, nyanyi, main musik dan masih banyak lagi. Sedangkan gue ? tungkang rumpi dan pegawai jejaring sosial. hufttt. Tapi jalan hidup gue gak sesuram itu sih :D mulai beranjak kelas 9 katau kenapa gue mulai suka baca novel atau cerpen-cerpen gitu. Awalnya selera gue masih rendahan, suka nyari novel-novel cinta konyol yang tokohnya itu cewek putih tinggi mulus cantik pintar, dan cowok ganteng kaya tinggi keren dan bla.. bla.. bla.. mana ada orang se-perfect itu helooww?? itu kisah cinta yang bener-bener konyol yang secara tidak langsung menuntut kesempurnaan tanpa menghargai kekurangan!!. Oke kembali ke pokok awal, dari novel-novel tersebut entah kenapa banyak banget inspirasi dalam otak gue, secara tanpa sebab jemari-jemari gue mulai bergerak membuka laptop dan mengetik kata demi kata dan terciptalah Cerpen. Yes! gue mulai berniat nerbititin cerpen ini ke majalah sekolah, ya lumayan lah kalo ada yg suka soalnya itu masih amatir banget. hehehe. Dan tibalah saatnya majalah itu terbit, nama gue ada di situ woy! lumayan lah :D dan mulai detik itu pula gue berusaha biar orang tua gue gak tau kalo gue buat cerpen tentang cinta yang akhirnya galau pula, sampek sekarang ortu gue gk pernah tau sih kalo gue suka bikin tulisan-tulisan kecil tentang cinta, takut dibilang dewasa sebelum waktunya :D Kembali ke cerpen majalah, tanpa gue tanya temen-temen banyak yang bilang kalo cerpen gue bagus, gue gak tau sih itu beneran apa enggak ngomongnya tapi ya yang penting ada yang baca karya perama gue. Semenjak itu gue mulai suka buat-buat cerpen, dan banyak juga yang ceritanya kandas ditengah jalan, gue juga sering baca novel yang mengandung sastra, gue suka buat kata-kata yang mengandung majas dan bisa dibilang putis gitu, kebanyakan gue bikin status di Twitter dan alhamdulillah banyak yang nge-retweet, dan sebagian lagi gue kasi ke temen-temen gue kalo dia lagi galau dan butuh pencerahan lewat kata-kata. Dari novel-novel sastra itu pula gue mulai suka mempelajari majas-majas, nggak cuma dari situ doang sih, gue juga antusias banget kalo pelajaran bahasa indonesia tentang sastra. Semua itu gue pikir-pikir lagi, wah ternyata gue udah jatuh cinta banget sama sastra,  kayaknya kuliah di UGM Jurusan Sastra Indonesia menarik juga, Alasannya sih karna di situ emang bagus, apalagi Kota Yogyakarta itu kota yg damai banget, dan fovorit gue deh. Akhirnya gue mulai browsing tentang Sasindo di UGM, tenyata gak ada pelajaran matematika waah kebetulan banget gue benci banget sama matematika dan itu membuat gue semangat banget buat nerusin sekolah dan pada akhirnya gue bisa pindah ke Yogya dan kuliah di UGM. Tapi, waktu itu gak secepat yang gue bayangin, gue masih SMP dalam proses smester terakhir, masih sibuk dengan 20 paket soal sialan itu dan masi harus 3 tahun untuk SMA sebelum bisa kuliah. Oke gue harus sabar berusaha dan tetep berdo'a. Semoga semua impian gue tercapai, dan oh ya cita-cita gue kalo gak jadi penulis ya guru, apa aja sih yang penting gue suka dan bisa bikin hidup mapan.
That's my future, what about you ? let us share together :)

Maaf pake gue-gue-an tapi tetep budayakan bahasa Lamongan yo rek :D

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by Best Web Hosting