15 Februari 2013

Manfaat Membaca Novel




Hai Readers, membaca novel bukanlah hobi yang tidak ada manfaatnya, berikut ini adalah 5 manfaat membaca novel :

1. Melatih otak
Satu keuntungan dari membaca buku itu adalah latihan otak dan pikiran.Membaca dapat membantu menjaga otak Anda agar selalu menjalankan fungsi mereka dengan sempurna. Saat membaca, otak diperlukan unutk berpikir lebihsehingga dapat membuat orang lebih cerdas. Tapi untuk latihan otak, membaca buku harus dilakukan secara rutin.

2. Menghilangkan stres
Stres merupakan faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. keindahanbahasa dalam teks mungkin memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagu untuk mengatasi stres.

3. Mengasingkan risiko penyakit Alzheimer
benar-benar dapat membaca langsung meningkatkan jaringan otak.
 Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teraturdapat membantu mencegah gangguan otak termasuk penyakit Alzheimer
.

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, dll dapat menunda atau mencegah hilangnya memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otakuntuk menghubungkan dan tumbuh.

4. Mengembangkan pola tidur yang sehat
jika Anda terbiasa membaca buku sebelum tidur, maka ia bertindak sebagai alarm bagi tubuh dan mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya untuk tidur. Ini akan membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.

5. Meningkatkan konsentrasi
orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih tinggi konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memilikiperhatian penuh dan praktis dalam hidup. Hal ini juga mengembangkanketerampilan objektivitas dan pengambilan keputusan

Selain itu membaca novel juga dapat menambah pengetahuan kita tentang tanda baca dan kalimat majas. So, lebih baik tinggalkan aktivitas hobimu yang bermain merugikan seperti nge-game,bermain playstation, online, dll. Alihkan apada kegiatan yang positiv dan bermanfaat seperti membaca novel. Sama serunya kok ;)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by Best Web Hosting